MTsNJ Mengadakan Upacara Bendera

Tak kenal maka tak sayang !. Peribahasa Tak kenal maka tak sayang merupakan peribahasa berbahasa Indonesia yang dimulai dengan huruf T.  Peribahasa Tak kenal maka tak sayang dapat anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan sebagai suatu perumpamaan yang mempunyai arti Sifat perangai seseorang tidak dapat diketahui pasti jika belum mengenalnya secara dekat. Oleh karena yuk kita kenali dulu Upacara Bendera.

SEJARAH SEJAK KAPAN UPACARA BENDERA DILAKSANAKAN ?

Menurut sejarah, upacara bendera sudah dilakukan sejak 1292 dan dilakukan oleh tentara kerajaan Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari. Jauh setelah itu, bendera merah putih akhirnya dikibarkan pertama kali di Eropa pada tahun 1922. Namun, bukan bendera merah yang seperti kita kenal sekarang, melainkan bendera merah putih dengan tanda banteng di tengah-tengahnya.

Bendera merah putih baru resmi dikibarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 dan diperkenalkan sebagai bendera kebangsaan Indonesia. Nah, baru kemudian upacara bendera untuk pertama kalinya digelar pada tanggal 17 Agustus 1945 yang sekaligus kita kenal sebagai hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumber : tribunnews.com

DASAR HUKUM

  1. Pancasila
  2. UUD 1945 (tentang Sistem Pendidikan Nasional)
  3. Inpres No. 14 tahun 1981 (tentang Urutan Upacara Bendera)

 

Jadi Tata Upacara Bendera adalah tindakan dan gerkan yang dirangkaikan dan ditata dengan tertib dan disiplin. Pada hakekatnya upacara bendera adalah pencerminan dari nilai-nilai budaya bangsa yang merupakan salah satu pancaran peradaban bangsa, hal ini merupakan ciri khas yang membedakan dengan bangsa lain.

Upacara Bendera MTs Nurul Jadid

Pada hari Kamis (15/09) MTs Nurul Jadid mengadakan Upacara Bendera. Upacara bendera juga mengajarkan pada kita untuk mengenang jasa para pahlawan, mendoakannya, dan menyanyikan lagu-lagu nasional yang membuat peserta didik tahu sejarah bangsa Indonesia dan menanamkan jiwa patriotisme di kalangan anak muda. Upacara bendera juga mengajak kita untuk berjiwa nasionalis. Berdiri dan menghormat kepada bendera sang saka merah putih dengan diiringi lagu Indonesia Raya. Bila anda mampu berdisiplin, maka pada saat pengibaran bendera itu, hati anda akan bergetar sekaligus bangga karena sang merah putih berkibar dengan gagahnya. Di sanalah terlihat bahwa kita adalah bangsa yang telah merdeka dan berdaulat. Merdeka karena jasa para pahlawan kita yang gagah berani mengusir penjajah dari bumi Indonesia.

Dalam upacara bendera sederet acara di gelar yang semuanya bermuara pada kedisiplinan dan jiwa nasionalisme. Mulai dari peserta didik dibariskan dengan sangat rapi, sampai pembubaran barisan setelah selesai upacara bendera.

 

Admin

Hanya seorang cowok sederhana yang ingin menguasai dunia. Mimpi deh :p