PERDANA, UAS PAKAI LJK

Madrasah Tsanawiyah Nurul Jadid (MTsNJ) menggelar Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada tanggal 09-17 Desember 2017 secara serentak untuk semua siswa di gedung MTsNJ.

UAS yang dimulai sejak pukul 08.00-11.30 dengan dua mata pelajaran yang diujikan ini sedikit berbeda dengan semester-semester sebelumnya. Pasalnya semester kali ini lembar jawabannya berbasis komputer atau dikenal dengan LJK. Hal ini tentu memicu perbedaan di ranah teknis pelaksanaan ujian.

Penggunaan LJK ini dimaksudkan untuk memudahkan para guru dan mengefisienkan waktu untuk mengoreksi lembar jawaban siswa. Dengan menggunakan scanner untuk mengoreksi LJK praktis waktu untuk  mengoreksi lebih cepat dan akurat.

“Namanya program baru, di awal pasti terdapat cacat. Seperti LJK tidak terbaca karena arsirannya kurang tebal, ada beberapa siswi yang hanya mengarsir jawaban, lembar jawaban tidak sesuai nomer urut peserta, yang membuat mesin scanner ngadat,” jelas Faizul Amali, S.Kom. ketika dimintai keterangan.

Meski demikian pelaksanaan UAS ganjil tersebut berjalan normal. Siswa tidak terpengaruh dengan pergantian teknis meski harus diingatkan berkali-kali untuk mengarsir LJK dengan benar agar terbaca oleh scanner.

“Untuk ujian kali ini pengawas dituntut untuk lebih teliti sebelum dan sesudah pelaksanaan ujian. Selain itu harus mewanti-wanti siswa agar mengarsir dengan baik dan benar. Selain itu lancar-lancar saja,” ungkap Madinatul Munawwarah, S.Pd.I.  salah satu guru yang menjadi pengawas. (ff)

 

co-admin

Bukan sosok istimewa bagi siapapun